Kemunculan teknologi adaptif dalam era digital membawa transformasi yang besar dalam dunia pendidikan. Meskipun teknologi menjanjikan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, hal ini juga menghadirkan suatu tantangan. Ketergantungan siswa terhadap teknologi kerap menjadi permasalahan dalam hal ini. Selain itu, ketidak setaraan akses terhadap teknologi ini sehingga adanya kesenjangan terhadap motivasi siswa. Tak hanya itu, keprihatinan berkaitan dengan potensi kehilangan interaksi sosial baik siswa dengan guru maupun siswa dengan teman sebayanya. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menilai sejauh mana penerapan teknologi pembelajaran adaptif dapat memengaruhi motivasi siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelajahi faktor yang memoderasi hubungan antara penggunaan teknologi pembelajaran adaptif serta motivasi siswa untuk memberikan panduan praktis bagi pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur dampak penggunaan teknologi pembelajaran adaptif terhadap motivasi belajar siswa dengan menggunakan data berupa angka dan statistik. Infomasi ini diperoleh berdasarkan hasil melalui survey penyebaran berupa angket berbentuk google from. Data yang didapatkan diolah dengan aplikasi SPSS melalui jenis uji one-way anova. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi pembelajaran adaptif berdampak positif terhadap motivasi siswa. Teknologi menyesuaikan pengalaman belajar dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini mengungkapkan bahwasanya melalui pembelajaran adaptif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengatasi tantangan belajar. Tak hanya itu, penelitian ini menyoroti peran teknologi mendorong kemandirian siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan bahwasanya penggunaan teknologi pada pembelajaran adaptif dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital
Copyrights © 2023