Abstrak Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pembelajaran maharah kitabah yaitu menulis karangan sederhana dengan persfektif teori konstruktivisme di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK) Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengungkapkan langkah-langkah pembelajaran maharah kitabah dalam persfektif konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis data miles dan huberman, yang meliputi: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran maharah kitabah dalam persfektif kontruktivisme terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) Pramenulis, yaitu guru menentukan tujuan pembelajaran berupa siswa mampu membuat karangan sederhana dengan judul yang telah ditentukan dan sesuai dengan tatabahasa yang benar. Kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dan memberi mereka contoh teks dengan judul tertentu. Kemudian meminta mereka untuk membaca dan mendiskusikan uslub bahasa arab yang ada dalam teks tersebut bersama rekan kelompoknya. (2) Kegiatan Menulis, yaitu guru meminta mereka untuk menulis karangan sederhana dengan judul yang berkaitan dengan teks yang telah mereka baca dan mempraktekkan uslub-uslub yang telah mereka temukan dalam teks. (3) Pascamenulis, guru mengoreksi tulisan para siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024