Penelitian ini mengusulkan pandangan baru terhadap sistem pendidikan Indonesia dengan mengadopsi beberapa prinsip yang telah terbukti sukses dalam sistem pendidikan Finlandia. Melalui perbandingan antara dua sistem pendidikan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci yang dapat diterapkan dalam konteks Indonesia untuk mempersiapkan generasi emas di masa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis perbandingan antara kebijakan pendidikan, struktur kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi pendidikan di kedua negara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adopsi prinsip-prinsip pendidikan Finlandia, seperti penekanan pada pembelajaran berbasis keterampilan, penghargaan terhadap profesi guru, kurikulum yang berfokus pada keberagaman, dan pendekatan evaluasi yang holistik, dapat memberikan arah baru bagi sistem pendidikan Indonesia. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya reformasi mendalam dalam sistem pendidikan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan generasi yang berkualitas dan siap bersaing secara global. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para pengambil kebijakan pendidikan dalam merancang perubahan yang efektif dan berkelanjutan dalam sistem pendidikan Indonesia.
Copyrights © 2024