Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS)
2023: Sinergi Perguruan Tinggi dan Masyarakat Untuk Mendukung Pencapaian Empat Pilar Pembangunan Men

Analisis Kesulitan Pendidik Kelompok Mgmp Kimia Sidoarjo Dalam Pembuatan Modul Ajar Berdiferensiasi Di Era Kurikulum Merdeka

Hayuni Retno Widarti (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Munzil Munzil (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Sri Rahayu (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Nur Candra Eka Setiawan (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Deni Ainur Rokhim (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang 2 Kimia, SMAN 3 Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur)
Juwita Karina Pratiwi (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Risti Peni (Kepala Sekolah SMAN 3 Sidoarjo)
Asnan Wahyudi (Matematika, , SMAN 3 Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Konsep utama kurikulum merdeka adalah implementasi konsep pendidikan yang berorientasi pada siswa. Salah satu cara mewujudkan pendidikan berorientasi pada siswa adalah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan – kesulitan pendidik kelompok MGMP Kimia Sidoarjo dalam pembuatan modul ajar berdiferensiasi di era kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan di MGMP Kimia Sidoarjo dengan subjek penelitian guru kimia yang mengikuti kegiatan pendampingan kompetensi sejumlah 80 orang guru. Dari hasil angket didapatkan hasil 50% responden sudah mencoba membuat modul ajar berdiferensiasi. Namun, didapatkan fakta menarik yaitu ditemukan sebanyak 100% responden atau semua responden mengalami kendala ketika menyusun modul ajar berdiferensiasi. Berdasarkan analisis dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaku pendidikan di MGMP Kimia Sidoarjo masih mengalami kesulitan terkait pembuatan modul ajar berdiferensiasi sebagai perangkat pembelajaran dalam era kurikulum merdeka. Kata kunci: Modul Ajar Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Kesulitan Pendidik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sinapmas

Publisher

Subject

Humanities

Description

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS) menerima artikel hasil gagasan dan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat peguruan tinggi dalam berbagai bidang ilmu dan ...