Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS)
2023: Sinergi Perguruan Tinggi dan Masyarakat Untuk Mendukung Pencapaian Empat Pilar Pembangunan Men

Pemberdayaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Usaha Di Taman Kuliner Karangmalang UNY

Anita Mustikasari (Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta)
M Lies Endarwati (Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta)
Dinar Ari Prasetyo (Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta)
Ariya Tetuka Puspayuda (Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Wisata kuliner berpotensi untuk dijadikan obyek daya Tarik wisata. Dalam industri jasa kuliner, kepuasan pelanggan merupakan respons pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Kuliner makanan sangat erat kaitannya dengan hygiene dan sanitasi yang merupakan permasalahan kesehatan yang kompleks dan bukan hal yang baru lagi. Telah terjadi banyak kasus kesehatan yang masih sering terjadi di dunia termasuk Indonesia salah satunya adalah akibat hygiene sanitasi yang rendah. Taman Kuliner Karangmalang UNY merupakan salah satu tempat kuliner yang berada di Karangmalang, Yogyakarta. Para pedagang di Taman Kuliner Karangmalang memilih tidak berjualan pada saat mahasiswa sedang berada pada liburan semester karena pengeluaran akan lebih besar (merugi). Selanjutnya pada Taman Kuliner Karangmalang juga mempunyai beberapa permasalahan yaitu sedikit kurang tertata dalam hal kebersihan dan juga kerapian. Oleh karenanya, pengelolaan dalam hal kebersihan dan kerapian dalam menunjang kualitas pelayanan di Taman Kuliner Karangmalang sangatlah penting. Melalui pengelolaan kebersihan dan juga kerapian tentunya akan menarik wisatawan local maupun mancanegara, sehingga pedagang tidak hanya akan mengandalkan penjualan dari mahasiswa-mahasiswa semata. Dari hasil program pengabdian masyakarat ini peserta memiliki gambaran terperinci mengenai kondisi tempat usahanya di Taman Kuliner Karang Malang (80%) dan memahami pentingnya pengelolaan pelayanan dalam hal kerapian dan kebersihan serta food safety (70%). Kata Kunci: pelayanan, pengabdian pada masyarakat, kuliner jasa, hygene

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sinapmas

Publisher

Subject

Humanities

Description

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS) menerima artikel hasil gagasan dan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat peguruan tinggi dalam berbagai bidang ilmu dan ...