Wisata kuliner berpotensi untuk dijadikan obyek daya Tarik wisata. Dalam industri jasa kuliner, kepuasan pelanggan merupakan respons pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian. Kuliner makanan sangat erat kaitannya dengan hygiene dan sanitasi yang merupakan permasalahan kesehatan yang kompleks dan bukan hal yang baru lagi. Telah terjadi banyak kasus kesehatan yang masih sering terjadi di dunia termasuk Indonesia salah satunya adalah akibat hygiene sanitasi yang rendah. Taman Kuliner Karangmalang UNY merupakan salah satu tempat kuliner yang berada di Karangmalang, Yogyakarta. Para pedagang di Taman Kuliner Karangmalang memilih tidak berjualan pada saat mahasiswa sedang berada pada liburan semester karena pengeluaran akan lebih besar (merugi). Selanjutnya pada Taman Kuliner Karangmalang juga mempunyai beberapa permasalahan yaitu sedikit kurang tertata dalam hal kebersihan dan juga kerapian. Oleh karenanya, pengelolaan dalam hal kebersihan dan kerapian dalam menunjang kualitas pelayanan di Taman Kuliner Karangmalang sangatlah penting. Melalui pengelolaan kebersihan dan juga kerapian tentunya akan menarik wisatawan local maupun mancanegara, sehingga pedagang tidak hanya akan mengandalkan penjualan dari mahasiswa-mahasiswa semata. Dari hasil program pengabdian masyakarat ini peserta memiliki gambaran terperinci mengenai kondisi tempat usahanya di Taman Kuliner Karang Malang (80%) dan memahami pentingnya pengelolaan pelayanan dalam hal kerapian dan kebersihan serta food safety (70%). Kata Kunci: pelayanan, pengabdian pada masyarakat, kuliner jasa, hygene
Copyrights © 2023