Penghargaan yang tinggi dari masyarakat terhadap SMK Brantas Karangkates sebagai sekolah unggulan mengharuskan adanya tenaga pendidik yang lebih berkualitas. Tidak semua guru memiliki akses terhadap program/pelatihan peningkatan kompetensi di lembaga yang terakreditasi. Untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya, tim pengabdian masyarakat Pendidikan S1 Teknik Otomotif UM mendidik instruktur teknik otomotif di SMK. Pendekatan pelatihan meliputi survei lokasi, materi pelatihan, penjadwalan, peralatan, persediaan, dan evaluasi instruktur. Pelatihan spooring yang dilakukan secara offline di SMK Brantas Karangkates menghasilkan peningkatan kompetensi profesional guru yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest (84,90) lebih tinggi dari rata-rata nilai pretest (83,90). (72,90). Perbedaannya signifikan secara statistik, dengan Sig. Menurut para ahli, pendidik dapat menginstruksikan spooring. Artikel dan media elektronik menampilkan hasil pelatihan untuk mencapai tujuan produksi program pengabdian kepada masyarakat.Kata kunci: spooring, penguasaan substansi keilmuan guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022