Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Eksperimen, dengan bentuk quasy eksperimental design, desain eksperimen non-equivalent control grup design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Sampel penelitian terdiri dari kelas VI A (28 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B (27 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 45 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test ( polled varians) diperoleh thitung = 2,766 sedangkan dk ( 28+27-2=53) dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh ttabel = 1,6785, yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh sebesar 0,52 yang termasuk kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya.
Copyrights © 2024