Banyak hal yang kita dapatkan dalam mengembangkan pikiran dan pengetahuan, serta pelajaran hidup melalui membaca; oleh karenanya keterampilan membaca siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca nyaring dengan subjek 16 siswa Kelas II A di Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Barat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman. Keterampilan membaca nyaring diperoleh melalui tes membaca nyaring, observasi, dan wawancara. Hasilnya mengungkapkan bahwa 62,5% siswa mampu melafalkan seluruh kata dengan tepat dan jelas, 25% siswa membaca nyaring dengan intonasi yang tepat, nada yang keras serta tidak monoton, 56,25% siswa membaca dengan volume suara yang dapat didengar oleh seluruh siswa, 50% siswa memiliki kelancaran dalam membaca nyaring, dan 25% siswa mampu menjeda bacaan sesuai tanda baca pada seluruh teks bacaan.
Copyrights © 2024