Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Evi Febriani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhamad Kumaidi (Institut Teknologi Sumatera)
Dinda Agustin (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Jurnal ini menyajikan penjelasan tentang peran Pendidikan agama islam dalam proses pembentukan karakter religious peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung. Pada umumnya, Pendidikan agama islam merupakan landasan terpenting yang dapat memicu terwujudnya Pendidikan karakter dalam peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini ialah data primer, dengan menggunaka Teknik pengumpulann data berupa kuesioner. Namun, Pendidikan merupakan komponen-komponen terpenting dalam pembentukan karakter karena dengan adanya Pendidikan dapat membentuk kepribadian dan jati diri anak, ada pula yang berpendapat bahwa ada anggapan yang efektif bagi pembentukan karakter peserta didik. Terutama dalam mewujudkan karakter religious, seseorang dapat memiliki milai yang baik dalam diri sehingga dapat ditranslasikan ke dalam tingkah laku perbuatannya sehari-hari. Oleh karena itu, di sinilah makna pembentukan karakter dalam Pendidikan agama islam yang diajarkan di lingkungan sekolah merupakan salah stu nilai pendukung yang mendasari Pendidikan karakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...