Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 SATU ATAP PULAU SIMUK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Yatria Yarisbeth Gari (Universitas Nias)
Natalia Kristiani Lase (Universitas Nias)
Desman Telaumbanua (Universitas Nias)
Hardikupatu Gulo (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil temuan dilapangan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru, peserta didik kurang terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Satu Atap Pulau Simuk. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh rata-rata hasil refleksi Siklus I yaitu 61,34% dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 86,36% dengan kriteria baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada Siklus I yaitu 68,17 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 80,67 dengan kriteria baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...