Pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi fokus utama dalam menjawab tantangan pendidikan jarak jauh, terutama dalam mengoptimalkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran jarak jauh. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki konsep-konsep dan temuan penelitian terkait, serta untuk mengembangkan model yang sesuai dengan tujuan penelitian. Temuan penelitian menyoroti pentingnya integrasi teknologi dengan prinsip-prinsip desain pembelajaran yang efektif, serta perlunya memperhatikan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian ini menekankan interaktivitas, partisipasi siswa aktif, dan penggunaan teknologi yang terpadu untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan berdaya guna. Validasi model dilakukan melalui konsultasi dengan para ahli pendidikan dan teknologi, serta uji coba pada sejumlah kecil kelompok siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran secara signifikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah adanya panduan bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dalam konteks pembelajaran jarak jauh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024