Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMAHAMAN BULYYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sahana, Yana (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Jannah, Siti Roudlotul (Unknown)
W, Silvia Faiqotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan klasikal yang diberikan di SMP Negeri 1 Lamongan. Hal ini juga berupaya untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pemanfaatan permainan ular tangga sebagai media implementasi layanan agar siswa lebih memahami bulyying. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Terdapat tiga metode digunakan untuk memperoleh data: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Metodologi triangulasi merupakan metode keabsahan data yang digunakan oleh penelitian ini. Hasil penelitian penggunaan permainan ular tangga sebagai media untuk membantu siswa memahami bulyying. Serta memiliki dampak positif yaitu siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kedua, siswa dapat lebih paham tentang materi bulyying, serta terdapat manfaat lain seperti melatih kerjasama, melatih keterampilan sosial, melatih berempati dan belajar tentang aturan dan batasan dalam permainan. Kemudian dampak negatif adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengkondisikan siswa dalam proses pemberian layanan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...