Pada penelitian ini membahas membahas mengenai pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing dan mendeskripsikan tanggapan dari pemelajar BIPA yang berasal dari Jepang terkait pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Selama pembelajaran berlangsung pemelajar BIPA sangat antusias, pembelajar BIPA yang berasal dari Jepang tersebut bahkan sangat tertarik ketika peneliti memperlihatkan video mengenai Tor-tor Maronang-onang. Tanggapan yang di berikan oleh pemelajar BIPA terkait pembelajaran BIPA pada teks eksplanasi dalam konteks budaya Mandailing yaitu menurutnya Tor – tor Maronang-onang sangat unik, jika diberi kesempatan dia ingin berkunjung kesana (melihat langsung tor-tor Maronang-onang tersebut).
Copyrights © 2024