Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR KURIKULUM DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF

Usdarisman, Usdarisman (Unknown)
Hendrayadi, Hendrayadi (Unknown)
Azhari, Devi Syukri (Unknown)
Basit, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Kurikulum merupakan rencana atau desain pembelajaran yang mencakup tujuan, isi, metode, dan penilaian pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dalam pendidikan adalah elemen krusial yang membentuk dasar pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai. Makalah ini menjelaskan konsepsi dan dimensi kurikulum dari berbagai perspektif, seperti filosofis, sosiologis, psikologis, dan teknologi, serta implikasinya dalam konteks pendidikan. Kurikulum dipahami sebagai lebih dari sekadar materi pelajaran, tetapi juga sebagai ide yang mengarahkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. Dari filosofi hingga teknologi, kurikulum memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman belajar holistik peserta didik. Pemahaman mendalam akan membantu pendidik merancang kurikulum yang relevan, efektif, dan inklusif, untuk mencapai tujuan pendidikan yang menyeluruh

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...