Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANAMKAN ETIKA DAN MORAL SEBAGAI SOLUSI MENGATASI BULLYING DILINGKUNGAN PENDIDIKAN

Maelani, Maelani (Unknown)
Aldiansyah, Reynaldi (Unknown)
Wahyudi, Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penanganan bullying di sekolah dengan pendekatan pendidikan karakter, peran orang tua dalam membentuk karakter anak dalam menghadapi bullying, dan penerapan pendidikan Islam sebagai solusi untuk mengatasi bullying. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pendidikan karakter dan pendidikan Islam dalam mencegah perilaku bullying di lingkungan pendidikan. Pendidikan Islam dapat membantu mencegah perilaku bullying di sekolah dengan menanamkan nilai-nilai agama yang baik kepada siswa. Beberapa strategi yang dapat dilakukan termasuk sosialisasi terkait bullying, layanan konseling, pembiasaan nilai-nilai agama, membuat deklarasi anti bullying, dan program penguatan pendidikan karakter. Kolaborasi antara semua pihak dalam menerapkan pendidikan karakter dan nilai-nilai agama Islam menjadi kunci dalam mengatasi bullying di lingkungan pendidikan. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menanamkan etika dan moral sebagai solusi untuk mengatasi bullying di lingkungan pendidikan. Nilai-nilai agama Islam, seperti menghormati dan menghargai sesama, dapat membantu mencegah perilaku bullying. Sekolah Islam dan guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam strategi untuk mencegah dan menangani kasus bullying di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...