Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Fatimah, Siti (Unknown)
Anggraini, Ririn (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya strategi pembelajaran pada siswa untuk materi IPA Karakteristik Wujud Benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA Karakteristik Wujud Benda dengan menggunkan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV SD 6 Margoerejo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 8 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Pra Siklus sebelum perlakuan nilai hasil belajar siswa belum tuntas, pada siklus I sebesar 50%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA materi Karakteristik Wujud Benda menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...