Penelitian didasari atas sikap dan perhatian siswa dalam pembelajaran cenderung pasif, dominan mendengarkan materi yang disampaikan. Fenomena tersebut berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media pembelajaran; 2) mengetahui motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sesudah menggunakan media pembelajaran; 3)mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan Pre experimen dengan desain one grup pre-test post-test. Hasil penelitian:1) motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media pembelajaran memiliki kategori rendah. Nilai rata-rata pretest motivasi belajar 62,77 dan nilai rata-rata pretest pemahaman konsep yaitu 62,5; 2) motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa sesudah menggunakan media pembelajaran memiliki kategori sedang. Nilai rata-rata posttest motivasi belajar yaitu 73,97 dan nilai rata-rata posttest pemahaman konsep yaitu 74,33; 3) terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran audio visual. Hasil uji statistik, motivasi belajar dan pemahaman konsep, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000, nilai sig. 000 < 0.05, maka Ho ditolak/Ha diterima, disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022