Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 2 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

The Role of School Principals and Teacher Certification on The Learning Achievement at Cilegon City Elementary School Students through The Independent Curriculum

Rhiza Alfian Ardhianto (Universitas Bina Bangsa)
Furtasan Ali Yusuf (Universitas Bina Bangsa)
Ade Manggala Hardianto (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Prestasi belajar siswa merupakan hasil belajar siswa yang melibatkan banyak factor. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi Penelitian adalah guru sekolah dasar sekolah dasar kota Cilegon, dengan teknik sampling random. Teknik pengumpulan adalah Teknik survei melalui sebaran kuesioner pada grup PGRI, dan responden yang menjawab sebanyak 165 responden. Teknik analisis menggunakan alat statistic SEM. Hasil penelitian antara lain: (1) kurikulum merdeka dipengaruhi oleh factor peran kepala sekolah dan factor sertifikasi guru; (2) prestasi siswa dipengaruhi oleh factor factor kurikulum merdeka dan sertifikasi guru; serta (3) variable mediasi tidak sepenuhnya dapat memediasi (partial mediation). Simpulan penelitian ini yaitu prestasi belajar siswa merupakan capaian prestasi yang dipengaruhi peran kepala sekolah, sertifikasi guru, dan kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...