Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 6 No 1 (2023): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 2 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 PAMARAYAN

Melliana Irnantri Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Wardah Alivia Wikanti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Haryono Haryono (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik dituntut terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman baik dari segi penyampaian materi atau model pembelajaran yang digunakan. Banyak model pembelajaran yang dapat dipilih guru disesuaikan dengan kondisi kelas dan siswa/i di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yakni snowball throwing. Model pembelajaran ini menawarkan pembelajaran yang menyenangkan dan adanya komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Inovasi dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dilakukan untuk menghindari kebosanan siswa/i karena sering diterapkannya metode ceramah dalam pembelajaran sosiologi. Kebosanan ini membuat pembelajaran tidak maksimal, selain materi yang tidak masuk, motivasi siswa juga berkurang. Oleh sebab itu peneliti memilih menggunakan model pembelajaran snowball throwing apakah dapat membangkitkan motivasi belajar siswa khususnya di kelas XII IPS 2. Hasil penelitian ini yakni, pembelajaran model snowball throwing membawa suasana kelas baru saat pembelajaran berlangsung, siswa/i menjadi lebih antusias yang kemudian membuat motivasi belajarnya juga bertambah. Selain itu, siswa/i juga terlibat diskusi dua arah sehingga kini guru tak hanya menjadi sumber belajar utama. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Motivasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...