Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 6 No 2 (2023): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Model Pembelajaran Kooperatif TGT Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pamarayan

Wardah Alivia Wikanti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Bunga Farah F (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Desty D Liana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Melliana Irnantri D (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Asyika Nur Alifa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Haryono Haryono (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Penting adanya inovasi dalam dunia pendidikan terutama dalam inovasi pembelajaran, karena agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar dan kondusif, sehingga meningkatkan antusias dan motivasi belajar bagi peserta didik. Dalam penelitian ini mengimplementasikan metode penelitian deskriptif kualitatif serta teknik pengambilan data melalui observasi secara langsung dan menggunakan studi kepustakaan sebagai penguat bahan bacaan pendukung. Hasilnya membuktikan bahwa banyak kelebihan yang diperoleh jika menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT sebagai inovasi pembelajaran dalam mata pelajaran sosiologi. Karena mampu meningkatkan keaktifan dan antusias siswa di kelas dan menumbuhkan rasa sosialisasi, bekerjasama tim dengan temannya, serta tidak membuat siswa cepat jenuh dalam proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...