Penggunaan berbagai produk teknologi informatika pada setiap proses pembelajaran bertujuan menjadikan dunia pendidikan semakin berkembang memudahkan proses pembelajaran. Dalam menggunakan setiap media pembelajaran tetap mempertimbangkan kesesuaian antara karakter disiplin ilmu serta karakter peserta didik serta ketersediaan media dan ruang yang cukup besar maupun model pembelajaran yang memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan dengan cepat dan tepat. Untuk itulah, perlu adanya prinsip yang tepat dalam mendesain teknologi pembelajaran untuk membantu pendidik dan pesetra didik dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Bagi Baggar dkk, tercapainya kedua hal ini berarti telah ada sistematika dalam bekerja untuk memperoleh hasil belajar maksimal. Sebagaimana Baggar, bagi Gustafson perlu adanya pembelajaran secara berkategori. Sedangkan Bahri, untuk mencapai hal itu perlu desain pembelajaran dengan memperhatikan potensi setiap peserta didik sehingga mencapai hasil yang maksimal. Ada beberapa model pembelajaran yang berhubungan dengan kawasan teknologi pembelajaran yakni model ASSURE, ADDIE Model Dick and Carrey, Hannafin dan Peck serta Model Roblyer.
Copyrights © 2024