Pendidikan Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk individu Muslim yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas. Dalam konteks kajian filsafat, terdapat sejumlah faktor determinan yang memengaruhi pendidikan Islam dan memberikan landasan filsafat yang kuat bagi pengembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor determinan yang memengaruhi pendidikan Islam dalam kajian filosofat, serta untuk mengeksplorasi implikasi filsafatnya. Metode yang digunakan adalah studi literature review berfokus pada hasil penulisan yang berkaitan dengan topik tentang tentang faktor-faktor determinan pendidikan Islam dalam kajian filsafat. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan maupun diterbitkan dalam buku referensi, dan jurnal online nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor determinan dalam pendidikan islam adalah: pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, alat pendidikan, lingkungan. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor determinan pendidikan Islam dalam kajian filsafat, serta relevansinya dalam membentuk karakter dan kepribadian individu muslim. Implikasi filsafat dari faktor-faktor determinan ini dapat menjadi panduan berharga bagi pengembangan pendidikan Islam yang holistik dan berkelanjutan.
Copyrights © 2024