Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (1)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Muara Beliti

Yelisa, Rengga Nova (Unknown)
Supriyanto, Supriyanto (Unknown)
Egok, Asep Sukenda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sekolah Dasar (SD) kelas V dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan metode secara kuantitatif. Baik populasi maupun sampelnya adalah siswa kelas V sekolah dasar (SD). Teknik Pengumpulan data menggunakan model pembelajaraan Problem Based Learning. Data yang diperoleh Hasil studi menunjukkan bahwa nilai pre-test rata-rata(test awal) yaitu sebesar 47,3 dan simpangan baku yaitu 13,37 - sedangkan nilai post-test rata-rata  (test akhir) sebesar 80,3 dan simpangan baku yaitu 11,66 dan hasil uji Hipotesis di peroleh Zhitung > Ztabel  yaitu Zhitung, 6,16 dan Ztabel 1,64 oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS setelah menggunakan model PBL terbukti bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning “siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Beliti  tuntas secara signifikan”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...