Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (1)

Analisis Minat Wirausaha Mahasiswa Calon Guru: Komparasi Tingkat Semester

Sri Supiyati (Universitas Hamzanwadi)
Nila Hayati (Universitas Hamzanwadi)
Muhammad Halqi (Universitas Hamzanwadi)
Agus Muliadi (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa calon guru sains tentang minat wirausaha. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Responden penelitian ini terdiri dari 33 mahasiswa pendidikan biologi yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan jawaban bergradasi sesuai skala likert yang telah divalidasi ahli (expert) dan dinyatakan valid. Angket disajikan secara online menggunakan media google forms. Analisis data penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial dengan uji-t (independent sample t-test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa calon guru sains tentang minat wirausaha yaitu mahasiswa semester VI memiliki rata-rata skor sebesar 3,06 dengan kategori Tinggi, dan mahasiswa semester VIII memiliki rata-rata skor sebesar 3,28 dengan kategori Sangat Tinggi, (2) tidak ada perbedaan signifikan persepsi mahasiswa semester VI dan VIII tentang minat wirausaha yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,219 lebih besar dari 0,05 (>0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...