Abstract Rumah adat merupakan rumah yang mempunyai ciri khas bangunan suatu daerah yang melambangkan kebudayaan daerah itu sendiri. Rumah adat juga memiliki keunikan dari segi bentuk, fungsi dan makna bangunannya. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus mengenalkan salah satu budaya yang ada agar tidak dilupakan oleh masyarakat khususnya anak sekolah. Dilihat dari perkembangan teknologi, kita harus menciptakan sesuatu yang baru dalam memperkenalkan rumah adat. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD IT BINA INSANI, para guru disana masih menggunakan media konvensional berupa buku teks dan buku tematik untuk proses pembelajaran. Oleh karena itu penulis membuat sebuah aplikasi untuk menunjang pembelajaran pengenalan rumah adat Indonesia bagian barat menggunakan Augmented Reality yang diberi nama RA-IBB. Aplikasi ini berbasis Android sehingga guru dapat dengan mudah menjelaskan materi tentang rumah adat dan dapat menampilkan rumah adat dalam bentuk 3D tanpa harus datang langsung ke provinsi. Dan agar siswa dapat mempelajari rumah adat dimana saja dan kapan saja. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode air terjun untuk tahap pengembangannya. Aplikasi RA-IBB berisi materi tentang rumah adat indonesia bagian barat beserta objek 3Dnya dan soal kuis yang menggunakan pengacakan soal dengan algoritma random shuffle. Algoritma random shuffle adalah pengacakan pertanyaan dari suatu record atau array. Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) pada guru diperoleh hasil dari beberapa aspek yaitu aspek desain menghasilkan persentase sebesar 91%, aspek informasi aplikasi menghasilkan persentase sebesar 91,6% dan aspek materi menghasilkan persentase sebesar 91,6%. . 90,7%. Sehingga hasil ini dapat dikategorikan sangat setuju. Kata Kunci : Kata kunci abstrak : Rumah Adat, Augmented Reality, Algoritma Shuffle Random
Copyrights © 2023