cover
Contact Name
Hermanto
Contact Email
juptikummuba@gmail.com
Phone
+6282388777714
Journal Mail Official
juptikummuba@gmail.com
Editorial Address
LPPM (LP2M) Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (UMMUBA) Jl. Rang Kayo Hitam, Cadika, Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jambi 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK)
ISSN : -     EISSN : 29877016     DOI : https://doi.org/10.52060/juptik.v2i1
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) adalah jurnal nasional, yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian berkualitas di bidang Teknologi Informasi secara implisit tidak terbatas dan bebas biaya dalam Proses Pengajuan. JUPTIK adalah jurnal terbuka peer-review dan dapat diakses yang dikelola oleh LP3M Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. JUPTIK memuat artikel yang diangkat dari hasil penelitian, konsep, teori, dan kajian analitik di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. JUPTIK Menerbitkan jurnal yang berfokus pada Software Engineering, Artificial intelligence, Data Mining, Database System, Computer network, Decision Support System, IT Governance, Expert System dan System Design
Articles 25 Documents
Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Dasar Berbasis Android Pada Smk Negeri 2 Padang Risti Afriyani; Vivi Yosefri Yanti; Ahmad Risman
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i1.1207

Abstract

Perkembangan Teknologi dan Informasi telah merambah bidang pendidikan. Berbagai inovasi terbaru dikembangkan untuk menumbuhkembangkan minat belajar siswa, pengembangan media pembelajaran berbasis Android didukung dengan desain media pembelajaran Adobe Flash Professiol CS6 menggunakan desain UML (UML) untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis android dapat menjadikan alternatif pembelajaran bagi siswa untuk memahami materi berupa media visual. Media pembelajaran berbasis android berupa presentasi, media silent screening, media audio, media audiovisual silent, media audiovisual on/film, media televisi dan multimedia dalam pengembangan. Di SMK Negeri 2 Padang, diperlukan aplikasi media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami materi dengan bantuan smartphone berbasis android. Itu akan menjadikan alternatif baru bagi siswa untuk belajar dengan mudah, membaca materi yang disajikan di smartphone siswa.
Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Laundry Web Royal Laundry Menggunakan Metode Design Thingking Ade Agung Kurniawan; Hermanto Hermanto; Riko Muhammmad Suri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i1.1208

Abstract

Royal laundry merupakan usaha UMKM yang bergerak dibidang jasa cuci pakaian, yang berlokasi di Kel. Cadika, Kec. Rimbo Tengah Kab. Muara Bungo, adapun kendala yang dihadapi saat ini seringkali menghadapi kendala dalam manajemen operasional dan pengelolaan transaksi halnya proses manual seperti pencatatan transaksi, pelacakan riwayat pesanan, laporan penjualan dan pencatatan data pelanggan masih manual. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sistem informasi aplikasi laundry berbasis web untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam operasional harian bisnis usaha Royal Laundry. Untuk mengetahui pendapatan laundry juga harus mengumpulkan seluruh nota laundry dan dihitung satu persatu sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama dan besar kemungkinan terjadi kesalahan penghitungan. Berdasarkan dari permasalahan di atas, penulis terdorong untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat aplikasi kasir laundry berbasis web pada Royal Laundry yang dapat mengelola data pelanggan serta juga mengelola transaksi sampai dengan laporan guna mempermudah pemilik dalam merekap pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode permodelan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) meliputi: usecase diagram, activity diagram, dan class diagram dan Balsamiq Mockups untuk merancang user interface, serta metode design thingking Output dari penelitian ini berupa aplikasi laundry berbasis web, Dengan adopsi teknologi berbasis web, diharapkan Royal Laundry dapat memperluas cakupan peningkatan pelayanan dan menambah kesetiaan pelangaan
Sistem Informasi Delivery Order Pupuk Trubus Berbasis Web Di CV. Prabu Siliwangi Padang Hermanto Hermanto; Riko Muhammmad Suri; Vivi Yosefri Yanti
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i1.1209

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu bidang yang perkembangannya semakin cepat dibandingkan dengan bidang-bidang yang lain. Selain itu, dizaman sekarang ini teknologi informasi memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. CV. Prabu Siliwangi merupakan distributor produk Trubus yang berada dibawah Prabu Siliwangi Group. Perusahaan ini tidak hanya bergerak dibidang arsitektur lanscape akan tetapi juga sebagai distributor tunggal produk trubus yang terdiri dari pupuk, bibit dan alat-alat pertanian. Namun sistem yang digunakan dalam pemesanan produk tersebut masih dengan cara manual, sehingga informasi yang dihasilkan akan terasa kurang akurat dan efisien. Untuk lebih mengoptimalkan sistem informasi penjualan sampai pengiriman barang (delivery order) dibutuhkan sebuah sistem yang terkomputerisasi. Sehingga dilakukan pengembangan terhadap sistem informasi pada CV. Prabu Siliwangi (Distributor Pupuk Trubus) , maka kelemahan-kelemahan dari sistem yang lama dapat diatasi. Sistem informasi baru ini di bangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP untuk membangun sebuah aplikasi yang berbasiskan web sehingga dapat mempermudah calon peserta member dalam melakukan transaksi pemesanan pupuk secara online, serta mempermudah user dalam memperoleh informasi baik dalam mendapatkan informasi seputar produk atau harga, dan juga mempermudah pemesanan produk dengan menggunakan akses internet.
Aplikasi Pengenalan Kosa Kata Bahasa Dan Pemetaan Di Kota Sungai Penuh Riko Muhammmad Suri; Hermanto Hermanto; Ahmad Risman; Dafit Afianto
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i1.1210

Abstract

Penerapan apliksi berbasis Android untuk pengenalan kosa kata dan pemetaan di kota Sungai Penuh. Kosa kata adalah perbendaharaan kata yang dimiliki seseorang dalam prosesKata Kunci: Kosa Kata, Sistem Informasi Geografis, MapInfo, Eclipse,Android, berbahasa, baik lisan maupun tulisan. Dalam proses berbahasa, terdapat kosa kata yang sering digunakan oleh seseorang dalam kegiatan berbahasa sehari-hari (kosa kata aktif) dan kosa kata yang jarang atau tidak pernah digunakan seseorang dalam berkomunikasi (kosa kata pasif). Sistem informasi geografis (SIG) adalah sebuah sistem berbasis komputer yang dapat digunakan untuk mencari lokasi di daerah kota sungai penuh. Harapannya dengan sistem ini akan memberi informasi mengenai kosa kata dan pemetaan di daerah kota sungai penuh ke masyarakt luas.Untuk membangun sistem ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama pengumpulan data kemudian dilanjutkan dengan perancangan antar muka, pembuatan program, dan yang terakhir adalah implementasi dan pengujian. Dalam membangun sistem ini beberapa perangkat lunak digunakan seperti MapInfo Professional untuk pembuatan peta dan eclipse untuk merancang aplikasi android..
Sistem Informasi Penjualan Kendaraan Motor Pada CV. Yamaha Cupak Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic Hermanto Hermanto; Dafit Afianto; Riko Muhammmad Suri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i1.1212

Abstract

Hidup manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan lmu pengetahuan dan teknologi inforrmasi dalam penunjang kehidupan, salah satu nya dalam sektor penjualan. . Hal ini dikarenakan komputer dapat mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaannya. Jika dikerjakan dengan komputer pekerjaan yang rumit dan memakan waktu lama dapat dipermudah dan dipercepat bila dibandingkan dengan cara man. CV.Yamaha Cupak dalam menangani penjualan sepeda motor masih menggunakan sistem konvensional yaitu pencatatan setiap transaksi dengan menggunakan buku besar, sehingga pembuatan laporan menggunakan waktu yang tidak sedikit. Dari permasalahan tersebut dibuat sebuah pembuatan sistem informasi penjualan sepeda motor yang berisikan data-data stok barang, data-data penjualan barang serta laporan-laporan penjualan barang yang terjadi setiap harinya. Dari sistem ini diharapkan dapat memberikan gambaran dalam menyelesaikan masalah laporan data penjualan barang dengan cepat dan kapan saja jika dibutuhkan dan hasil dari proses pengolahan data ini pun lebih akurat dibanding jika dilakukan proses pengolahan data dengan sistem konvensional. Dengan dibangunnya sistem informasi penjualan Motor menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 2010 dan database MySQL pada CV.Yamaha Cupak dapat menghasilkan suatu sistem yang baru, serta dan dapat memperkecil terjadinya kesalahan sehingga menghasilkan laporan yang tepat dan akurat. Dengan bantuan Bahasa Pemrograman Visual Basic 2010 yang dirancang, dapat mempermudah dalam proses penjualan serta dalam pembuatan laporan data Motor, data Konsumen dan transaksi penjualan dapat dilakukan secara langsung tanpa harus mencatat ke dalam sebuah buku besar dan dapat menyimpan data perusahaan lebih aman dan bertahan dalam kurun waktu yang lama.
Rancangan E-Commerce Pada Perusahaan Planet Komputer Jambi Ade Hermawan; Ade Agung Kurniawan; Hermanto Hermanto
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i2.1609

Abstract

Penjualan dan promosi pada Planet Komputer Jambi belum efektif dan efisien karena penjualan yang dilakukan ruang lingkup masih terbatas dan promosi yang dilakukan masih membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini yang membuat penulis ingin melakukan penelitian pada Planet Komputer Jambi guna mempelajari sistem penjualan dan promosi yang ada. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan, penelitian perpustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan rancangan sebuah aplikasi E-Commerce dengan menggunakan Macromedia Dreameaver 8, bahasa pemrograman PHP, jQuery dan database MySQL. Penelitian ini merupakan penelitian permulaan, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut agar penelitian ini lebih baik dari sebelumnya.
Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Proyek Berbasis Web Rimbo Dua PTPN VI Ade Agung Kurniawan; Ade Hermawan
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i2.1615

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Proyek (SIMPRO) adalah suatu sistem yang dirancang khusus untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengendalian proyek secara efektif. Sistem ini menyediakan platform yang terintegrasi untuk mengelola semua aspek proyek, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja proyek di PT Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Rimbo 2 melalui analisis dan implementasi Sistem Manajemen Proyek berbasis web. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah lambatnya pemantauan progres harian, dengan pelaporan proyek yang masih menggunakan tulisan tangan dan diinput dalam file Excel, yang kemudian diberikan kepada manajer pada akhir bulan. Kendala ini membuat sulitnya manajer dalam memberikan laporan progres ke divisi lain. Metode penelitian menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan diagram use case untuk merancang sistem. Hasilnya adalah prototipe sistem manajemen proyek berbasis web yang diharapkan dapat mempercepat pemantauan progres harian, meningkatkan efisiensi pelaporan, dan memudahkan manajer dalam menyampaikan informasi kepada divisi lain.Adanya sistem ini diharapkan memberikan manfaat signifikan bagi objek penelitian. Pertama, sistem memungkinkan pemantauan progres proyek secara real-time, menghilangkan keterlambatan dalam pelaporan bulanan. Kedua, mempermudah manajer dalam melaporkan progres kepada divisi lain, memastikan koordinasi yang lebih efektif. Dengan demikian, implementasi sistem manajemen proyek berbasis web di PT Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Rimbo 2 diharapkan dapat meningkatkan kinerja proyek secara keseluruhan.
Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Andorid Febri Ramanda; Jefdy Kurniawan; Delyardi Nur
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i2.1660

Abstract

Abstract Rumah adat merupakan rumah yang mempunyai ciri khas bangunan suatu daerah yang melambangkan kebudayaan daerah itu sendiri. Rumah adat juga memiliki keunikan dari segi bentuk, fungsi dan makna bangunannya. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus mengenalkan salah satu budaya yang ada agar tidak dilupakan oleh masyarakat khususnya anak sekolah. Dilihat dari perkembangan teknologi, kita harus menciptakan sesuatu yang baru dalam memperkenalkan rumah adat. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD IT BINA INSANI, para guru disana masih menggunakan media konvensional berupa buku teks dan buku tematik untuk proses pembelajaran. Oleh karena itu penulis membuat sebuah aplikasi untuk menunjang pembelajaran pengenalan rumah adat Indonesia bagian barat menggunakan Augmented Reality yang diberi nama RA-IBB. Aplikasi ini berbasis Android sehingga guru dapat dengan mudah menjelaskan materi tentang rumah adat dan dapat menampilkan rumah adat dalam bentuk 3D tanpa harus datang langsung ke provinsi. Dan agar siswa dapat mempelajari rumah adat dimana saja dan kapan saja. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode air terjun untuk tahap pengembangannya. Aplikasi RA-IBB berisi materi tentang rumah adat indonesia bagian barat beserta objek 3Dnya dan soal kuis yang menggunakan pengacakan soal dengan algoritma random shuffle. Algoritma random shuffle adalah pengacakan pertanyaan dari suatu record atau array. Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) pada guru diperoleh hasil dari beberapa aspek yaitu aspek desain menghasilkan persentase sebesar 91%, aspek informasi aplikasi menghasilkan persentase sebesar 91,6% dan aspek materi menghasilkan persentase sebesar 91,6%. . 90,7%. Sehingga hasil ini dapat dikategorikan sangat setuju. Kata Kunci : Kata kunci abstrak : Rumah Adat, Augmented Reality, Algoritma Shuffle Random
Pengolahan Data Penjualan SparePart Mobil Menggunakan Metode Clustering Dengan Algoritma K-Means Riko Muhammmad Suri; Risti Afriyani; Ahmad Risman
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i2.1667

Abstract

Laporan ini menjelaskan tentang aplikasi perangkat lunak Weka pada data mining. Tanagra adalah software data mining yang dapat digunakan untuk mengakses beberapa metode data mining yang ada. Data dibangun menggunakan excel dengan jenis teks data. Aplikasi ini menggunakan dataset input. Dalam melaksanakan pengujian algoritma ini data yang dipakai adalah data barang di Interkom Penjualan Spart Part Mobil Dalam penerapan ini, digunakan penerapan clustering dengan menggunakana algoritma K- means.
Perancangan E-Voting Berbasis Web Pemilu Raya Bem Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Dafit Afianto; Hermanto Hermanto; Riko Muhammmad Suri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JUPTIK) Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (JUPTIK)
Publisher : Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52060/juptik.v1i2.1683

Abstract

Salah satu cara penting untuk membuat keputusan dalam pemilihan, terutama tentang pendidikan tinggi, adalah dengan memilih menggunakan aplikasi evoting. Evoting adalah sistem pemilihan yang memungkinkan data disimpan, disimpan, dan diproses dalam bentuk informasi digital. Dengan kata lain, pemungutan suara adalah proses pemilihan yang dilakukan secara elektonik (digital) mulai dari pendaftaraan pemilih, pelaksanaan pemilihan, perhitungan suara, dan pengiriman hasil suara. Mahasiswa dapat menggunakan hak suaranya secara online dengan menggunakan e-voting. Meskipun e-voting berbasis web ini dapat dilakukan di mana pun, proses pemilihan tetap di bilik. Sistem ini terdiri dari tiga komponen penting: sistem pemilihan suara, sistem perhitungan suara, dan sistem cetak hasil pemilihan. Semua komponen ini mengumpulkan hasil e- voting di Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Tujuan dari pemungutan suara elektronik (e-voting) adalah untuk memungkinkan penghitungan suara yang cepat dan hemat biaya dengan menggunakan sistem yang aman dan mudah digunakan untuk pemeriksaan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25