JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 1 No. 1 (2020): April

Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas V SD

Devi Nur Hidayati (SDIT Bina Insan Cendekia)
Nawang Sulistyani (University of Muhammadiyah Malang)
Yuni Pantiwati (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika HOTS menjadi sentra pembahasan dalam pendidikan karena adanya penyempurnaan standar isi kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan penyelesaian soal cerita matematika bertipe HOTS siswa kelas V SD. Kesalahan tersebut dianalisis menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Reading, (2) Comprehension, (3) Transformation, (4) Process skill, (5) Encoding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Tulusrejo 3 Kota Malang . Data diambil menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap reading (kesalahan dalam membaca, memahami kata/simbol) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 36,47% dengan kualifikasi rendah, tahap comprehension (kesalahan dalam memahami suatu permasalahan) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 70,16% dengan kualifikasi tinggi, tahap transformation (kesalahan menentukan metode/rumus atau operasi hitung) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 58,03% dengan kualifikasi sedang, tahap process skill (kesalahan dalam perhitungan) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 67,84% dengan kualifikasi tinggi dan tahap encoding (kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir) rata-rata persentase kesalahannya sebesar 72,54% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan NEA siswa banyak melakukan kesalahan di tahap encoding (menuliskan jawaban akhir) dengan tipe soal C6 (Create).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...