Jurnal Mahasiswa Antropologi
Vol 3 No 1 (2024)

Produksi Ruang Ekonomi: Strategi Penyedia Jasa untuk Meningkatkan Pendapatan dengan Modal Kekerabatan di Kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung

Rohali, Alya (Unknown)
Kamu, Muhammad Andiansyah (Unknown)
Hafif, Muhammad (Unknown)
Pajril, Muhammad (Unknown)
Maulana, Ramadhan (Unknown)
M, Wikhrajul Fathir (Unknown)
Nawawi, Hizbul Hadi (Unknown)
Pratiwi, Ananda Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penyedia jasa dalam menentukan perekonomian mereka dengan memanfaatkan ruang Taman Wisata Alam Bantimurung yang memberikan pengaruh besar dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana metode ini digunakan untuk menekankan sifat realitas yang terbangun secara sosial, hubungan erat antara peneliti dan subjek yang diteliti dan tekanan situasi yang membentuk penyelidikan. Teknik penentuan informan dilakukan dengan purposive, yaitu menentukan informan dengan sudah diketahui identitasnya yang sesuai dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung terdapat empat jenis penyedia jasa, yaitu jasa fotografer, jasa angkut barang, jasa parkir, dan jasa pemandu wisata yang diantaranya ada pemandu gua batu, pemandu gua mimpi, pemandu perahu kano, dan pemandu wisatawan asing. Dari beberapa penyedia jasa tersebut, penyedia jasa yang ada di Taman Wisata Alam Bantimurung memiliki beberapa persyaratan dalam penyedia jasa, yaitu diberikannya pelatihan dan adanya hubungan kekerabatan antara sesama penyedia jasa. Selain itu, terdapat pula beberapa motif penghasilan, yaitu hasil sebagai milik individu dan adanya sistem bagi hasil dalam penyedia jasa. Para penyedia jasa di Taman Wisata Alam Bantimurung memanfaatkan secara efektif lokasi dan sumber daya alam untuk mengembangkan model ekonomi lokal yang unik dan fleksibel. Mereka seperti pemandu wisata, fotografer, dan penyedia jasa perahu kano tidak hanya mengandalkan keterampilan lokal untuk menarik pengunjung dan menciptakan pengalaman berharga, tetapi juga menggunakan kolaborasi antar penyedia jasa, inovasi teknologi, dan hubungan yang kuat dengan komunitas lokal untuk meningkatkan layanan mereka. Aktif dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan, mereka menjaga standar pelayanan tinggi dan berupaya untuk menjaga keberlanjutan usaha mereka dalam jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

JURNAL MAHASISWA ANTROPOLOGI adalah jurnal peer-reviewed dengan akses terbuka. Kami menerbitkan artikel dengan cepat dengan versi online, pada versi cetak diterbitkan dua kali setahun pada kategori topik yang telah ditentukan. Kami mengundang seluruh mahasiswa antropologi di Indonesia untuk ...