Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca, merupakan hal yang sangat penting dimana kelas II SD Negeri 01 Bandar Buat motivasi membaca masih kurang dan ada guru yang belum menggunakan media sekreatif mungkin,sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi membaca siswa setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini juga akan bermanfaat bagi guru dan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini tindakan kelas,Teknik pengumpulan data yaitu:observasi,tes, kuesioner,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kondisi awal yaitu prasiklus hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata nilai yaitu 73 dengan persentase ketuntasan 67% dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh rata-rata nilai yaitu 74 dengan persentase ketuntasan 70% dengan kategori kurang, dan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa yaitu 83 dengan persentase 93% dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Gambar dapat meningkatkan motivasi membaca siswa terlihat dari hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 01 Bandar Buat pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024