Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Literatur Review : Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Darwin, Darwin (Unknown)
Warneri, Warneri (Unknown)
Aunurrahman, Aunurrahman (Unknown)
Juhata, Juhata (Unknown)
Fajaryati, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan tentang upaya guru dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian ini menggunakan Literature Review yang diambil dari berbagai jurnal dari Google Scholar. Kesimpulan dari problem yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah masih banyak siswa yang pasif dalam belajar, menyebabkan rendahnya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, penggabungan materi menjadi satu pelajaran juga menambah kesulitan bagi guru. Sulitnya membangkitkan minat belajar siswa, penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran, serta keterbatasan media pembelajaran yang sesuai juga menjadi tantangan. Terdapat kebingungan dari guru dalam melakukan evaluasi terhadap kemajuan siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah guru mencari alat peraga sendiri karena tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang dibutuhkan. Guru juga harus mencari metode pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa untuk memaksimalkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...