Penelitian ini mendiskripsikan tentang upaya guru dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian ini menggunakan Literature Review yang diambil dari berbagai jurnal dari Google Scholar. Kesimpulan dari problem yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah masih banyak siswa yang pasif dalam belajar, menyebabkan rendahnya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, penggabungan materi menjadi satu pelajaran juga menambah kesulitan bagi guru. Sulitnya membangkitkan minat belajar siswa, penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran, serta keterbatasan media pembelajaran yang sesuai juga menjadi tantangan. Terdapat kebingungan dari guru dalam melakukan evaluasi terhadap kemajuan siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah guru mencari alat peraga sendiri karena tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang dibutuhkan. Guru juga harus mencari metode pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa untuk memaksimalkan.
Copyrights © 2024