Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan literasi matematis siswa kelas X dilihat dari pengetahuan metakognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini berada di MA Darul Huda kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes metacognitive awareness inventory (MAI). Dari hasil tes MAI diperoleh 2 subjek penelitian yaitu siswa dengan pengetahuan dominan deklaratif dan siswa dengan pengetahuan dominan prosedural. Instrumen penelitian yang digunakan diperoleh dari angket pengetahuan metakognitif, soal tes dan transkrip wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengetahuan metakognitif dan soal tes berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis. Pada penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa subjek dengan pengetahuan dominan prosedural pada proses literasi matematis hanya memenuhi sebagian proses merumuskan (formulate) dan menafsirkan (interprete), serta dapat memenuhi proses menerapkan (employ). Sedangkan subjek dengan pengetahuan dominan deklaratif pada proses literasi matematis hanya memenuhi sebagian dari proses merumuskan (formulate) dan menafsirkan (interprete).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024