Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Analisis Keterampilan Proses Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Melalui Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Pada Siswa SMP

Kamid, Kamid (Unknown)
Nabilla, Hanif Alyaa (Unknown)
Ramalisa, Yelli (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan melalui pemecahan masalah berbasis etnomatematika.pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil 3 subjek yang dipilih berdasarkan kelengkapan prosedur pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pencerap informasi, soal tes pemecahan masalah etnomatematika, pedoman wawancara serta triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek menunjukkan ketujuh indikator keterampilan proses dengan baik dilihat dari langkah pemecahan masalah bernuansa etnomatematika. Subjek penelitian kedua dan ketiga menunjukkan indikator mengamati dan menemukan hubungan secara akomodasi. Seluruh hasil tersebut dianalisis dari lembar jawaban subjek serta hasil wawancara yang telah dilakukan. Melalui penelitian ini diharapkan keterampilan proses dapat dijadikan acuan oleh guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan membantu siswa agar terbiasa menemukan sendiri pengetahuannya sehingga pengetahuan dapat terkonstruksi dengan baik dalam pikiran siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...