Penelitian ini dimulai karena ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan mengkomunikasikan ide matematika di kelas matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran problem pose diterapkan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Mazo. Siswa SMP Negeri 1 Mazo kelas VIII semester I tahun ajaran 2023–2024. Siswa dibagi menjadi dua kelompok: kelas kontrol (VIII–2, dengan 20 siswa) dan kelas eksperimen (VIII–1, dengan 20 siswa). Tes kemampuan komunikasi matematika bergaya esai digunakan sebagai instrumen penelitian. Ujian tersebut dievaluasi secara teoritis sebelum versi final diujikan di SMP Negeri 4 Mazo untuk menjamin keabsahannya. Hasil uji hipotesis dengan thitung = 3,197 dan ttabel = 1,655 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem pose mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Karena thitung (3,197) lebih besar dari ttabel (1,655), maka hipotesis alternatif yang menyatakan penerapan model pembelajaran problem pose berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024