Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Meta Analisis Pembelajaran Bidang Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Rafiki Ikhsan (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Nikmah Abdillah (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Cut Latifah Zahari (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Hizmi Wardani (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning pada semua bidang pembelajaran bidang matematika. Pengaruh tersebut akan diteliti dengan menggunakan penelitian-penelitian yang sudah terlaksana sebelumnya. Peneliitian ini menggunakan metode meta analisis. Dimana topik pembahasan yang di bahas merupakan masalah yang sama dan sejenis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal yang tertulis dalam penelitian model pembelajaran problem based learning yang berupa tulisan artikel penelitian yang diambil melalui internet yang disesuaikan dengan tema penelitian ini. Instrumen penelitian ini dibantu dengan panduan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dengan melihat persentase data juga menggunakan analisis data kualitatif untuk data-data yang menggunakan hasil kajian naratif pada penelitian-penelitian yang ditemui. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran based learning dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam lingkungan belajar di sekolah baik dari sisi hambatan kemajuan belajar maupun pengembangan media belajar yang digunakan di sekolah. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan hasil dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...