Journal on Education
Vol 6 No 4 (2024): Journal on Education: Volume 6 Nomor 4 Mei-Agustus 2024

Pengaruh Kebiasaan Belajar, Regulasi Diri dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Al-Ikhwan Gresik

Riyyatul Hamdiyah (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Didit Darmawan (Universitas Sunan Giri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh kebiasaan belajar, regulasi diri, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa di MTS Al-Ikhwan. Hasil analisis mengungkapkan bahwa kebiasaan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, di mana siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik cenderung mencapai prestasi yang lebih tinggi. Selain itu, regulasi diri siswa terbukti memiliki pengaruh kuat pada prestasi belajar, dengan kemampuan merencanakan, memantau, dan mengevaluasi diri dalam proses pembelajaran menjadi pendorong pencapaian prestasi yang lebih baik. Lingkungan sosial, meliputi interaksi dengan masyarakat dan teman sebaya, juga ditemukan memiliki dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa, di mana norma sosial, dukungan keluarga, dan teman sebaya memainkan peran penting dalam membentuk motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...