IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): 2024

Kemampuan Membaca Al-Quran Berdasarkan Gender Pada Fakultas Kedokteran Angkatan 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Fitri Rahmawati, Indah (Unknown)
Asma (Unknown)
Assyifa Saputri, Kirana (Unknown)
Nisa, Latifatun (Unknown)
Siti Nurjanah, Lilis (Unknown)
Nurhayati, Rossa (Unknown)
Qamara Azizah, Rossita (Unknown)
Sulistiawati (Unknown)
Paloh, Suria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Dalam kegiatan membaca terdapat perbedaan antar kemampuan membaca mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa angkatan 2023. Dengan menggunakan metode studi komparatif dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan, di mana skor rata-rata mahasiswa perempuan (32) lebih tinggi dibandingkan mahasiswa laki-laki (26). Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an diperkuat oleh ayat-ayat Al-Qur'an, khususnya perintah pertama tentang pentingnya membaca. Adab membaca Al-Qur'an, seperti niat ikhlas dan kebersihan, menjadi fokus. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup pengkajian lebih mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an, serta eksplorasi strategi pembelajaran yang lebih inklusif. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, dengan implikasi untuk pengembangan pendidikan yang lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...