Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 6 No. 4 (2021): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER 2021

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Sri Suryana Dinar (Unknown)
La Ode Sahidin (Unknown)
Marwati (Unknown)
Andi Muh. Ruum Sya'baan (Unknown)
Harmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis Teks Prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Desain/metodologi/pendekatan - Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini merupakan proses daur ulang mulai tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengembangkan keterampilan baru atau cara pendekatan baru untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung, memperbaiki dasar pemikiran dan pemahaman terhadap praktik tersebut. Agar penelitian ini berjalan dengan lancar, maka diadakan perencanaan dan langkah-langkah dengan cermat. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 tahap, yakni perencanaan, melakukan tindakan, pengamatan dan refleksi. Temuan/Hasil - Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan antara pratindakan, Siklus 1 dan Siklus 2 terhadap aspek-aspek penilaian dalam menulis teks prosedur yaitu: 1. Judul, 2. Bagian Pembuka, 3. Bagian isi, 4. Ketatabahasaan, dan 5. Penutup. Kesimpulan - Melalui penerapan Discovery Learning para siswa mulai dimudahan dalam menemukan ide dan mengembangkannya menjadi teks prosedur. Pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...