Contemporary Journal of Applied Sciences (CJAS)
Vol. 2 No. 3 (2024): March 2024

Membangun Generasi Digital Bijak dan Berbudaya: Intergrasi Kearifan Lokal Bali dalam Pembelajaran Literasi Digital di SDN 5 Sudaji

Sari, Ni Ketut Novita (Unknown)
Saras Dewi, Ni Kadek Viosy (Unknown)
Maharani, Ni Luh Gede Putri (Unknown)
Puspita Sari, Ni Kadek Gina (Unknown)
Anggita, Desak Ayu Made Dian (Unknown)
Werang, Basilius Redan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap kurangnya pemahaman siswa tentang budaya lokal di era digital serta kebutuhan untuk meningkatkan literasi digital yang bijak dan berbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi integrasi kearifan lokal Bali dalam pembelajaran literasi digital dan dampaknya terhadap pembentukan generasi digital yang bijak dan berbudaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran literasi digital tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya Bali dan kemampuan literasi digital, tetapi juga meningkatkan partisipasi belajar siswa. Implikasinya, integrasi ini berpotensi memberikan dampak positif bagi komunitas sekolah secara keseluruhan dan dapat menjadi model untuk pengembangan pendidikan literasi digital yang kontekstual dan berbudaya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjas

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Contemporary Journal of Applied Sciences (CJAS) is a peer-reviewed journal of applied sciences publishing in both English and Indonesian. CJAS Journal aims to provide an platform for disseminating applied sciences, it features articles and reviews by experts, and invites contributions from all areas ...