Indonesian Journal of Islamic Educational Review
Vol. 1 No. 2 (2024): June 2024

Supervisi Sebagai Unsur Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Di Madrasyah Ibtidaiyah Tempursari Sambi

Fatimah, Meti (Unknown)
Anggraini, Nur Fitria (Unknown)
Azizah, Nailan Aqidatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui supervisi sebagai salah satu unsur pengembangan sumber daya pendidikan Madrasyah Ibtidayyah Tempursari Sambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan kegiatan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia di Madrasyah Ibtidaiyyah Tempursari Sambi adalah dengan melakukan supervisi, dengan meningkatkan mutu pendidikan yang harus dimulai dari aspek guru dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut mutu profesionalisme dan kesejahteraannya dalam suatu organisasi. manajemen pendidikan profesional. Kata Kunci: Supervisi, Pengembangan Sumber Daya Pendidikan, Madrasah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijier

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and ...