DISCOURSE : Indonesian Journal of Social Studies and Education
Vol. 1 No. 2 (2024): March

INOVASI PEMBELAJARAN: EKSPLORASI KEEFEKTIFAN METODE KOOPERATIF ‘MAKE A MATCH’ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS

Winarsih, Nining (Unknown)
Septiana, Winda (Unknown)
Musliha, Siti (Unknown)
Faize, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode "Make a Match" dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Ichyaul Islam, Desa Kapasan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Sampel penelitian berasal dari kelas VIII dengan 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, khususnya penelitian deskriptif. Fokus penelitian ditujukan kepada guru IPS dan siswa kelas VIII yang menerapkan model pembelajaran "Make a Match". Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode "Make a Match" secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemampuan siswa mengingat jawaban lebih cepat, dan respon positif tercermin dari ekspresi mereka yang lebih tertarik, termotivasi, dan bersemangat dalam pembelajaran. Temuan ini berpotensi positif untuk pengembangan model pembelajaran di sekolah-sekolah yang masih menerapkan metode konvensional. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain. Dengan demikian, penerapan metode "Make a Match" di MTS Ichyaul Islam dianggap sebagai strategi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

djosse

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

DISCOURSE : Indonesian Journal of Social Studies and Education is a blind peer-reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the empirical research field of Social Studies and Education. This journal provides direct open access to its content on the principle that ...