Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Proses Pembelajaran Konstruktivisme yang Bersifat Generatif di Sekolah Dasar

Julia, Mega Ananta (Unknown)
Fitriani, Novia (Unknown)
Setiawan, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Artikel ini membahas mengenai proses pembelajaran konstruktivisme yang bersifat generatif di sekolah dasar. Strategi konstruktivisme dalam dunia pendidikan menekankan pada peserta didik untuk aktif dan membangun pengetahuan peserta didik berdasarkan interaksi dengan lingkunganya sendiri. Proses pembelajaran bersifat generatif, merupakan bagian dari strategi, mengarahkan peserta didik untuk aktif terlibat dalam menghasilkan arti baru melalui diskusi, eksplorasi dan refleksi. Dalam studi ini membahas beberapa stategi yang bisa digunakan di dalam kelas. Pendekatan ini menunjukkan bahwa tidak hanya meningkatkan pengetahuan peserta didik namun juga meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dan kreatif. Dengan begitu pembelajaran konstruktivisme yang bersifat generatif menjadi strategi yang efektif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...