Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Almuslim

Munira, Riska (Unknown)
Fonna, Tiara (Unknown)
Nadia, Sarah (Unknown)
Marsitah, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Almuslim. Lingkungan belajar dianggap sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dan kuesioner, penelitian ini mengevaluasi fasilitas belajar, kualitas pengajaran, dan suasana akademik. Hasil menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan bahwa prestasi akademik yang tinggi dapat dicapai dengan adanya lingkungan belajar yang memotivasi dan dukungan dari berbagai kegiatan pembelajaran dan pengembangan mahasiswa. Meskipun demikian, keterbatasan penelitian ini adalah tidak adanya informasi yang cukup mengenai tingkatan semester mahasiswa, sehingga perlu diperhatikan untuk evaluasi lebih lanjut terkait tren prestasi mahasiswa dari waktu ke waktu. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk terus mendorong minat belajar, keaktifan individu, dan pengembangan keterampilan serta kreativitas mahasiswa sebagai langkah penting dalam meningkatkan prestasi akademik mereka di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...