Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 4 (2024): July

Sinergi Profil Pendidikan Pancasila dan Nilai Islam di Sekolah Dasar

Wulandari, Esi Dewi (Unknown)
Lestari, Ridha Dina (Unknown)
Faaiqah, Yofie Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Lemahnya karakter pada pelajar Indonesia mendorong Kemendikbud meluncurkan program "profil pelajar Pancasila". Penelitian ini mengkaji peran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang ada di Sekolah Dasar dalam mewujudkan profil tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Library Research, di mana berbagai sumber dipelajari, termasuk buku, artikel, dan catatan yang tersedia di website yang dapat dipercaya mengenai sinergi nilai-nilai agama dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk penelitian terdahulu yang relevan. Langkah pertama adalah mengumpulkan data kepustakaan, kemudian menganalisis dan membandingkan literatur untuk menghasilkan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa beberapa sekolah telah berhasil menerapkan Pendidikan karakter berbasis nilai Islam melalui berbagai kegiatan seperti pembiasaan ibadah, pembelajaran Al-Quran dan hafalan, serta penanaman akhlak mulia, salah satunya ialah MI Darul Fallah. Hal ini sejalan dengan program "profil pelajar Pancasila". Pendidikan karakter di MI Darul Fallah terbukti efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembinaan karakter dan perubahan positif dalam perilaku mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di MI Darul Fallah merupakan strategi yang efektif dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan dapat menjadi model bagi sekolah lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PJPI publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been published by other media. ...