Jurnal Ilmiah Kepesantrenan
Vol. 1 No. 01 (2023): January - June 2023

KONSEP PRAKTIK DAN PENANAMAN AQIDAH AKHLAKDI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUTA’ALLIMINDESA TELUK HAUR KEC.HAUR GADING KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Muhammad Al-Amin (Ma'had Aly Rakha)
Ahmad Humaidi (Ma'had Aly Rakha)
Alfianor (Ma'had Aly Rakha)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak, pelaksanaan pembelajaran dan peran Guru menerapkan karakterismatik islami terhadap murid di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’aallimin Desa Teluk Haur Kec.Haur Gading Kabupaten  Hulu Sungai Utara. Berdasarkan perumusan masalah dalam penelitian ini maka tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan pembelajaran, Peran guru dalam menerapkan karakterismatik terhadap murid dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin. Jenis penelitian dalam tulisan ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumenter. Data yang didapat kemudian diolah melalui reduksi data, display data dan verifikasi data kemudian data yang telah diolah tersebut dianalisis dengan metode diskriptif kualitatif. Setelah dilakukan analisis data terhadap data yang telah diolah, maka dapatlah penulis simpulkan bahwa perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak yang dimiliki guru berupa silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan sudah terlaksana namun hal yang perlu dikuatkan adalah menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus. Pada kegiatan inti sudah terlaksana namun hal yang perlu ditambahkan lagi  pada kegiatan mencoba, yaitu guru perlu menyediakan buku atau sumber lain yang berkaitan dengan materi agar murid menggali informasi dari sumber lain  selain buku pelajaran yang ada dan pada kegiatan penutup juga telah terlaksana. Adapun peran guru dalam menanamkan karakteristik terhadap murid dalam pembelajaran AqidahAkhlak yaitu dengan cara metode mengajar di dalam kelas dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, lalu dilakukan lagi dengan praktik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan di pondok pesantren Raudlatul Muta’allimin Desa Teluk Haur Kecamatan Haur Gading dapat diketahui bahwa  guru yang mengajar di dalam kelas menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta di lakukan praktik, adapun praktik yang dilakukan oleh murid di pondok tersebut salah satunya yaitu adab sopan santun terhadap guru-guru yang ada di pondok. Sehingga sampai saat ini mereka benar-benar mengamalkan apa yang ditanamkan prilaku karakteristik islami oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

almahad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

It is designed to be a useful source of information for readers interested in learning about various aspects of education in ...