Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 01 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Inovasi Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Saintifik Untuk RA/PAUD di Provinsi Banten

Nur Afif (Institut PTIQ Jakarta)
Desy Ayuningrum (Institut PTIQ Jakarta)
Ali Imran (Institut PTIQ Jakarta)
Agus Nur Qowim (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Inovasi pengembangan kurikulum yang dilakukan untuk anak usia dini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan anak. Pendekatan saintifik dapat menstimulasi pemikiran anak dalam kegiatan sains. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengkaji proses inovasi kurikulum dan implementasi pendekatan saintifik dalam inovasi kurikulum untuk RA/PAUD di Banten. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada RA/PAUD di Banten. Hasil penelitian menjelaskan pengembangan inovasi kurikulum sesuai  dengan kebutuhan masyarakat dan isi kurikulum sebagai solusi peningkatan anak usia dini,. Implementasi pendekatan saintifik pada siswa RA/PAUD diterapkan dengan metode melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan pembelajaran pada anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...