Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 02 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Model Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab pada Program Prakuliah di STIBA Ar-Raayah Sukabumi

Syirojul Huda (STIBA AR-RAAYAH)
Akhmad Alim (Universitas Ibnu Khaldun Bogor)
Endin Mujahidin (Universitas Ibnu Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Pendidikan Bahasa Arab telah berkembang di Indonesia, dari tingkat pendidikan rendah sampai perguruan tinggi, setiap jenjang pendidikan mempunyai tujuan sesuai KKNI. Akan tetapi masih banyak lulusan Pendidikan Bahasa Arab dari perguruan tinggi yang belum menguasai empat keterampilan bahasa secara keseluruhan, ini di sebabkan  oleh beberapa faktor, diantaranya: kompetensi SDM yang belum maksimal, bahan ajar yang terpisah dalam pembelajaran keterampilan bahasa, dan kurang mengenalnya macam-macam metode pembelajaran, serta minat yang kurang dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah memberikan sebuah model pembelajaran keterampilan Bahasa Arab secara menyeluruh. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan memantau secara langsung program prakuliah STIBA Ar-Raayah. Hasil penelitian ini mengungkap sebuah model pembelajaran keterampilan Bahasa Arab yang terintegrasi baik keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Juga mengungkap faktor-faktor penunjang dalam pengembangan Bahasa Arab yaitu visi-misi dan peraturan yang jelas, kurikulum yang sesuai, dosen yang berkompeten di bidangnya, dan minat mahasiswa yang tinggi, serta lingkungan yang mendukung untuk memperaktikkan keterampilan berbahasa Arab.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...