Artikel ini membahas tentang internalisasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama islam yang inovatif pada era perkembangan zaman dengan menggunakan multipel intelegensi sebagai strategi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam, khususnya di SD Plus al-Kautsar dan SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Kajian ini menyoroti pentingnya mengembangkan intelegensi siswa yang akan berdampak pada pemahaman siswa pada suatu materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian multi situs untuk menganalisis dan menemukan strategi pengembangan kurikulum PAI yang relevan dengan kemajuan zaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi dalam menghadapi perkembangan zaman terdapat pada desain kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Kesimpulannya menekankan pentingnya pengembangan kurikulum PAI berbasis multipel intelegensi sebagai suatu upaya dalam melakukan pengembangan intelegensi siswa guna menghadapi perkembangan zaman.
Copyrights © 2023