Jambura Arena Sport
Vol 1, No 2: July 2024

Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendekatan Bermain

Hendra Rukmana (Universitas Negeri Gorontalo)
Hariadi Said (Universitas Negeri Gorontalo)
Suriyadi Datau (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar penjas siswa sekolah dasar melalui implementasi pendekatan bermain. hipotesis pada penelitian ini yaitu jika implementasi pendekatan bermain diterapkan maka motivasi belajar pendidikan jasmani siswa sekolah dasar akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan di SD Negeri 4 Telaga dengan judul “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Telaga”, dapat disimpulkan bahwa: Pelaksanaan pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 4 Telaga adalah dengan melaksanakan langkah-langkah pendekatan bermain sesuai dengan skenario yang telah dibuat dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bukti bahwa pelaksanaan pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi belajar Penjas Orkes dapat adalah sebagai berikut: Pada observasi awal, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 46,67. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 68,61. Berdasarkan rata-rata tersebut, motivasi belajar siswa meningkat dibandingkan pada observasi awal. Pada siklus II, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 81,67. Berdasarkan rata-rata tersebut, motivasi belajar siswa meningkat dibandingkan pada siklus I dan observasi awal.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jas

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Other

Description

In the Jambura Arena Sport Focus and Scope in the Sports Sector Sports Science, Sports Training, Sports ...