Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 3b (2024): JULI (Tambahan)

Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hardiness dalam Belajar dan Implikasi dalam Pelayanan Konseling

Ega Fitria Zalma (Universitas Negeri Padang)
Nurfarhanah (Universitas Negeri Padang)
Zikra (Universitas Negeri Padang)
Puji Gusri Handayani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang memiliki kepercayaan diri dan hardiness yang berbeda-beda dan kepercayaan diri dan hardiness dipengaruhi oleh berbagai aspek. Jika tidak percaya diri dan hardiness rendah maka bisa membuat individu mengalami gangguan emosional, stress dan rendah diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kepercayaan diri siswa dalam belajar; 2) hardiness siswa dalam belajar; 3) hubungan kepercayaan diri dan hardiness siswa dalam belajar. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 272 orang siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan model Skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hardiness siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri siswa dalam belajar secara umum berasa pada kategori sedang (47,1%); 2) Hardiness siswa dalam belajar berada pada kategori sedang (50,4%); 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hardiness siswa dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...