Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang memiliki kepercayaan diri dan hardiness yang berbeda-beda dan kepercayaan diri dan hardiness dipengaruhi oleh berbagai aspek. Jika tidak percaya diri dan hardiness rendah maka bisa membuat individu mengalami gangguan emosional, stress dan rendah diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kepercayaan diri siswa dalam belajar; 2) hardiness siswa dalam belajar; 3) hubungan kepercayaan diri dan hardiness siswa dalam belajar. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 272 orang siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan model Skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hardiness siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri siswa dalam belajar secara umum berasa pada kategori sedang (47,1%); 2) Hardiness siswa dalam belajar berada pada kategori sedang (50,4%); 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hardiness siswa dalam belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024