ABSTRAKKegiatan penelitian ini merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat. Pengabdianini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris yang diberikan kepada anak-anak di pantiasuhan Hindu Sunya Giri Denpasar. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untukmemberikan pelajaran tambahan (dalam hal ini bahasa Inggris general) kepada anak-anak di pantiasuhan hindu Sunya Giriri Denpasar agar mereka memiliki kompetensi sehingga bisa mandiri danmampu bersaing di era globalisasi ini. Anak-anak yang akan mengikuti pelatihan ini terdiri darianak yang berisua sebelas sampai tujuh belas tahun dan memiliki kemampuan yang berbeda.Perbedaan kemampuan yang dimiliki setiap anak membutuhkan suatu metode pembelajarantertentu dalam pencapaian belajar, oleh karena itu pelatihan bahasa Inggris ini juga akan mencobaaplikasi dari metode role play (bermain peran). Pengukuran kemampuan awal berbahasa Inggriskelompok sasaran ini dilakukan melalui pre-test sebelum pelatihan dimulai. Setelah diperoleh nilaipasti yang menjadi tolak ukur kemampuan anak-anak maka dapat ditentukan materi pelatihan yangakan diberikan. Tingkat keberhasilan pelatihan ini kemudian diukur kembali dengan test prakteklangsung.Kata kunci: pelatihan, bahasa inggris, panti asuhan, role playABSTRACTThis research activity is a form of community service. This service was carried out in the form ofEnglish language training given to children in the Hindu Sunya Giri Denpasar orphanage. Thepurpose of this training was to provide additional lessons (in this case general English) to childrenin the Hindu Sunya Giriri orphanage so that they have competence so they can be independentand able to compete in this era of globalization. Children who will take part in the training consistof children who are eleven to seventeen years old and have different abilities. The different abilitiespossessed by each child requires a particular learning method in achieving learning, thereforethis English language training will also try the application of the role play method. Themeasurement of the initial English proficiency of the target group is done through a pre-test beforethe training begins. After obtaining a definite value that becomes a benchmark for the ability ofchildren, training materials will be determined. The level of success of this training is then remeasuredwith a direct practice test.Keywords: training, English, orphanages, role play
Copyrights © 2019